Suka Duka Prakerin di PT. Kayaba Indonesia

Berawal dari program Prakerin yang di adakan di SMK atau yang dikenal dengan SMK BISA. di sini akan mengulas tentang pengalaman dan suka dukaku selama Prakerin di PT. Kayaba Indonesia, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Setidaknya tulisanku ini dapat menjadi pelajaran dan dapat diambil hikmahnya untuk para pembaca.

Kenalin Namaku Ridha. yang menulis tulisan ini, saat telah terdaftar menjadi Mahasiswi di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Aku adalah Alumni SMK Negeri 1 Cikarang Barat atau Nama Lainnya adalah STM Negeri 1 Kabupaten Bekasi. Dengan Jurusan Teknik Elektronika Industri.

Ok, To the point aja yah?

Semua kejadian berawal dari keinginan untuk Les bahasa Inggris. Jujur saja Aku ngga terlalu suka belajar bahasa Inggris tapi ngga tau ada angin apa, Aku tiba-tiba ngebet banget pengen Les. Waktu kelas 10 sih udah nyoba di Pelangi (Nama tempat Les). Kata pengajar di Pelangi, Quotanya udah penuh. Tapi mereka bilang lagi pasti akan di hubungi via Sms dan telepon. Aku disuruh nulis nomer Hp-ku di Buku catatan pengajar itu, nah terus aku diberi Formulir. Lebih 1-2 bulan ditunggu Informasinya tapi ngga dihubung-hubungi. Ah dasar PHP!

Bulan September 2012, Aku mendapat tempat les bahasa Inggris di tempat lain. Tapi beda, ini semacam Privat, jadi 1 guru 1 murid. Tapi enakan begini yah walau agak pusing dan melelahkan belajar bahasa inggris, apalagi setiap pulang les, badanku pada sakit, apa coba hubungannya? Kayaknya Aku telalu tegang Karena kelihatan ngga lancar berbahasa inggris + duduk mulu sampe pegel ini pinggang. tapi ngga tau kenapa dalam diri ada yang memaksaan untuk terus les dan jangan berhenti, walaupun hati berkata mau berhenti Les.

Yap! Sampai akhirnya bulan desember 2012, dimana saat itu guru Teknik elektro menyarankan kepada siswa/i nya untuk mencari tempat prakerin. Nah, sontak saja aku bingung, soalnya Abi-ku saja ngga kerja di PT. Awalnya ada tetangga sama Saudara yang Nawarin, Tapi buat Magang anak kuliahan. Meski begitu aku tetap santai-santai aja, aku awalnya yakin kalo guru bengkel akan nyariin tempat Prakerin.

Usut punya usut, pas aku les di hari minggu seperti biasanya, Guru Lesku nawarin PKL di PT. Kayaba Indonesia, Karena suaminya Karyawan di PT itu. Ya Jelas aku mau dan ngga akan nolak. Tadinya aku Prakerin daftarnya berdua sama teman sebangku, tapi karena lowongan Perempuan udah penuh akhirnya Temen sebangkuku ngga ku ajak Prakerin disana.

PT impian ku

Tanggal 2 januari 2013, Hari pertama aku Menginjakkan kaki di PT. Kayaba Indonesia untuk melaksanakan kewajibanku sebagai siswa SMK (PRAKERIN yang berlangsung selama 3 bulan).

Foto suasana Lobby. Saat menunggu Pengarahan dari HRD:

Foto2401

Di tempat Prakerinku, aku berkenalan dengan Putri, anak SMK Ristek Jaya, aku adalah pengganti pekerjaannya di Line Cylinder Machining. Kemudian berkenalan dengan Laila, Wulan dan Leles mereka anak SMK CBT, satu didikan sama sekolah ku. Selama itu, aku sering main bareng mereka, foto-foto bareng, pokoknya Have Fun dah!

Sebulan berlalu, Alhamdulillah Aku punya banyak Kawan.

Tanggal 2 Januari 2013, Aku kenalan sama Putri anak SMK Ristek Jaya, yang Prakerin di tempatku sebelumnya.

Tanggal 7 Januari 2013, Aku Kenalan sama Laila, Wulan dan Leles anak SMK Central Basic Training. Ini Fotonya:

STM satoe dan CBT

Fotonya tanggal 23 Januari 2013

Tanggal 5 Februari 2013, Aku kenalan sama Kiki anak SMK Wijaya Kusumah (Sekarang SMK Solusi Bangsa)

Tanggal 11 Februari 2013, Aku kenalan sama Aldi, dia anak SMKN 1 Pakis Jaya Jurusan TSM, Ganteng euy! Aku kenal Aldi dari Mey anak SMK Karya Bhakti.

Keesokannya Tanggal 12 Februari 2013, Ada anak baru di Line tempat kerjanya suami Guru Les aku, Namanya Ali dia anak SMK CBT, satu sekolah + Kelas sama Laila dkk.

Tanggal 3 Maret 2013, Aku kenalan sama Mas Ariyanto, Lulusan D3, Kerja di bagian Engineering. Asal Purworejo.

Sebenernya banyak kenalanku, Cuma Lupa tanggal-tanggal Kenalannya, yang aku inget tuh nama-namanya ada Baihaqi (SMKN 1 Pakisjaya), Ryan Kurus (SMK CBT), Kamal (SMK CBT),Ryan Gendut (SMK Karya Guna Bhakti), Fadhil (SMK Malaka), Mey (SMK Karya Bhakti), Wahyu (SMK Wijaya Kusumah), Daniel (SMK PGRI Tambun), Jonathan (SMK Karya Guna Bhakti), Mas Ashim (OB, SMKN 1 Cikarang Barat), Mas Ulin, Mas Nurul, Mas Susanto, Mas Santoso (Universitas Swasta di Kudus), dan masih banyak lagi yang belum di sebutkan.

Coba Tebak Ini Siapa? xD

karyawan kayaba

Sebenarnya banyak kesan menarik yang aku alami selama Prakerin, Karena Saking banyaknya aku jadi malas menuliskannya. tapi aku ambil satu kisah aja deh. Waktu itu, ada atasan Line datang ke Line aku, untuk konsultasi sama Foreman di Line itu. mereka duduk berhadapan. Nah, karena tugas aku udah selesai dan daripada aku ngga ada kerjaan, akhirnya aku Nyapu Line, terus sampahnya aku serok pakai kertas laminatingan, terus mau aku buang. karena tong sampahnya ada disamping kipas yang cukup besar, tapi aku ngga sadar kalau sampahnya bakalan terbang. akhirnya saat aku melewati kipas itu, sampah dan debunya terbang mengenai bagian belakang Bapak Atasan Line ini. Awalnya aku nahan ketawa, tapi kelepasan juga, aku ketawa cekikikan sampai foreman sama atasan itu kebingungan. aku juga baru sadar kalau di pintu line ada mas Ari. Ya ampun aku malu banget dari tadi di liatin Mas Ari…

Aku mah kalau ngantuk selalu berfikiran mau tidur di kamar mandi, tapi ngga pernah kesampean, pemirsa!

Selama Prakerin, walaupun punya banyak teman tapi aku lebih suka di Line, menyelesaikan tugas di tempat Prakerinku. Setiap duduk di Line, Ali sering Bolak-balik lewat Line Aku, ngga tau apa maksudnya tiap hari mondar mandir di depan Line Aku. Beneran deh dia Udah kayak orang kehilangan duit. Ckckck.

Aku juga selama Prakerin, Pulangnya sering dijemput sama Ryan, Anak Teknik Pengelasan yang satu sekolah denganku. Aku ngga tau apa maksud dia sampe pengen jemput aku yang PT nya Jauh dari tempat Prakerin Ryan. sedangkan sama Eka, temen sebangku Aku (Eka satu PT sama Ryan) Ryan lebih mau Menjemput aku dibanding Eka. Ryan Ryan…. Lucu deh kamu.

Bulan Maret itu, hari perpisahan aku sama Laila dkk, karena mereka selesai Prakerin. Sedih banget sumpah! Aku jadi serasa ngga ada temen. soalnya cuma mereka yang Linenya deket sama Line Aku. Aku juga Jadi jarang makan.

Tanggal 15-24 Maret 2013, Aku sakit. Aku ngga masuk Prakerin selama tanggal itu, aku kena Anemia. Setelah tanggal 25 maret 2013 aku mulai masuk Prakerin, walaupun masih agak pusing. Eh si Ali juga ngga masuk Prakerin, Gara-gara masuk Rumah Sakit.

Tanggal 5 April 2013 Aku Deket sama Daniel, tapi Ngga Pacaran, Mungkin Karena Kedekatan Aku sama Daniel, yang sering Main ke Line Aku, Makan Bareng, Pulang Bareng, Kemana-mana bareng. Aku jadi di gosipin dan diomongin sama anak-anak prakerin yang lain. Akhirnya Perlahan Aku jauhin Daniel, Tapi dia tetep aja deketin Aku sampe Nyatain Rasa Segala. Sebenernya Aku cuma mau nambah temen Aja, eh Daniel malah salah menafsirkan. Ribet ya temenan sama cowok. perhatian dikit saja sudah di bilang ada Rasa. Hmmm..

Dan Akhirnya, tanggal 8 April 2013, aku selesai Prakerin. Sedih banget! Di hari terakhir Prakerin, aku diantar pulang sama Jonathan, soalnya dia yang minta. masa iya aku tolak. dia nganterin aku sampai depan Pasar KH Abdul Malik atau lebih dikenal dengan sebutan Warung Bongkok.

Ya itulah Sepenggal Pengalamanku selama Prakerin. Sebenernya Cerita Suka duka selama 3 Bulan Prakerin itu panjang, Kemungkinan aku bisa menulisnya selama berminggu-minggu. Tapi aku catat singkatnya saja. Ok. See you later, Friend.

9 respons untuk ‘Suka Duka Prakerin di PT. Kayaba Indonesia

  1. sis kenalin dong sama suami guru les kamu yg kerja di pt kayaba. aku butuh konsultasi teknis masalah skokbreaker nih.. info patas ksini yah 08 990 791 791 pras surabaya

    Suka

  2. Maaf mbak, waktu prakerin itu kirim lamaran langsung atau via pos ya ke pt kayaba itu?
    Kebetulan adik saya sekarang kelas 8 jurusan elin juga dr smk 1 cikarang barat dan sedang cari tempat untuk prakerin

    Suka

    • Ada surat pengantar mbak.
      jadi kita bikin surat dari sekolah, nanti kirim ke PT atau tanya-tanya dulu. minimal ke satpamnya.sebenarnya agak mudah kalo pakai “Orang dalam”. kalo ngga ada malah diperlambat panggilan prakerinnya.

      Suka

Tinggalkan komentar